Kalender Liturgi

Agenda Paroki

Info Terkini

Visitors Counter

Penerimaan Sakramen Inisiasi
Sakramen Ekaristi Print
Pelayanan - Penerimaan Sakramen Inisiasi
Tuesday, 12 February 2013 15:37

 

Sakramen Ekaristi

(Perayaan) Ekaristi diimani sebagai “sumber dan puncak” kehidupan Kristiani. Di dalamnya terdapat  tindakan pengudusan yang paling istimewa oleh Allah kepada umat beriman karena terdapat kehadiran (dan pengorbanan) Yesus Kristus dalam rupa Tubuh dan Darah-Nya atau Sakramen Ekaristi.  Ekaristi juga menjadi  tindakan penyembahan yang paling istimewa oleh umat beriman kepada Allah.  Ekaristi juga menjadi representasi umat beriman terhubung dengan liturgi di surga. Betapa pentingnya sakramen ini sehingga partisipasi dalam perayaan Ekaristi (Misa) dipandang sebagai kewajiban pada setiap hari Minggu dan hari raya khusus, serta dianjurkan untuk hari-hari lainnya.

Sakramen Ekaristi berasal dari Yesus sendiri. Dalam Perjamuan Terakhir bersama para murid, Yesus mengucap syukur dan memberikan pesanNya: “Inilah Tubuh-Ku yang diserahkan bagi kamu, perbuatlah ini menjadi kenangan akan Aku. “  Ia juga berkata:   “Cawan ini adalah perjanjian baru oleh darah-Ku, yang ditumpahkan bagimu.”  Ia juga memberikan perintah untuk melakukan hal itu sebagai kenangan akan diri-Nya:  “Perbuatlah ini menjadi peringatan akan Daku “.

Ekaristi

Perjamuan Tuhan diteruskan oleh Gereja dalam perjamuan Ekaristi. Perjamuan Ekaristi adalah peringatan syukur untuk mengenangkan dan sekaligus menghadirkan kembali Yesus yang mempersembahkan diri-Nya dalam kematian di salib demi keselamatan manusia, sesuai dengan perintah Yesus.

Melalui Ekaristi, kita mengambil bagian dari Tubuh dan Darah Yesus Kristus (Komuni Suci) serta turut serta dalam pengorbanan diri-Nya.  Roti dan anggur ditransformasi menjadi Tubuh dan Darah Kristus. Perubahan ini disebut transubstansiasi. Hanya uskup atau imam yang dapat menjadi pelayan Sakramen Ekaristi, dengan bertindak selaku pribadi Kristus sendiri.

 

Skema besar Perayaan Ekaristi terdiri dari:

 

  1. Ritus Pembukaan
  2. Liturgi Sabda
  3. Liturgi Ekaristi
  4. Ritus Penutup

 


Materi dan Forma Sakramen Ekaristi

Materi: Roti dan Anggur

Forma:

“Inilah Tubuh-Ku yang diserahkan bagi kamu, perbuatlah ini menjadi kenangan akan Aku”

“Cawan ini adalah perjanjian baru oleh darah-Ku, yang ditumapahkan bagimu…perbuatlah ini menjadi peringatan akan Daku “


 

Last Updated on Tuesday, 12 February 2013 15:47
 
Sakramen Baptis Print
Pelayanan - Penerimaan Sakramen Inisiasi
Tuesday, 12 February 2013 13:52

Sakramen Baptis

Sakramen baptis adalah sakramen pertama yang diterima oleh seorang yang hendak menjadi anggota Gereja Katolik. Sakramen baptis adalah sakramen pertama dalam inisiasi Katolik. Inisiasi adalah penerimaan seseorang masuk ke dalam atau menjadi anggota kelompok tertentu.

 

Pembaptisan membebaskan penerimanya dari dosa asal serta semua dosa pribadi dan dari hukuman akibat dosa-dosa tersebut, dan membuat orang yang dibaptis itu mengambil bagian dalam kehidupan Tritunggal Allah melalui “rahmat yang menguduskan” (rahmat pembenaran yang mempersatukan pribadi yang bersangkutan dengan Kristus dan Gereja-Nya).

Pembaptisan juga membuat penerimanya mengambil bagian dalam imamat Kristus dan merupakan landasan komunio (persekutuan) antar semua orang Kristen.

Yesus diBaptis

 

3 Tahap Inisiasi Katolik

  1. Masa pra-katekumenat/simpatisan menjadi Katekumen : Masa pemurnian motivasi calon, dituntut pertobatan dan iman
  2. Masa Katekumen menjadi Calon Baptis : Masa perkembangan iman calon baptis, merupakan masa pengajaran dan pembinaan iman
  3. Masa Calon Baptis menjadi Baptisan baru : Masa persiapan baptisan dan penerimaan menjadi angota Gereja Katolik

 

Sesudah dibaptis, para baptisan baru menerima/mengalami masa pembinaaan iman sebagai baptisan baru yang disebut mistagogi.Untuk dibaptis, seseorang harus percaya dan beriman kepada Kristus. Percaya kepada Kristus Berarti hidup sesuai dengan ajaran Kristus dalam Kehidupan sehari-hari. Melalui sakramen baptis sesorang dilahirkan kembali dalam air dan Roh. Lilin bernyala yang diterima oleh baptisan baru dalam upacara sakramen baptis merupakan lambang baptisan baru yang sudah diterangi oleh Kristus dan harus senantiasa berusaha hidup dalam terang Kristus.

 

Materi dan Forma Sakramen Baptis

Materi: Air

Forma: Aku membaptis kamu dalam nama Bapa, Putera, dan Roh Kudus.

Buah Atau Rahmat Sakramen Baptis:

  1. Mendapat pengampunan dari segala dosa, baik dosa asal maupun dosa yang dibuatnya.
  2. Menjadiciptaan baru dan dilantik menjadi anak Allah.
  3. Memperoleh rahmat pengudusan yang;membuatnya sanggup semakin percaya kepada Allah, berharap kepada-Nya, dan mencintai-Nya.Membuatnya hidup di bawah bimbingan dan dorongan Roh Kudus.Membuatnya sanggup bertumbuh dalam kebaikan
  4. Digabungkan menjadi anggota Gereja, sebagai bagian dari Tubuh Mistik Kristus.
  5. Dimeteraikan secara kekal dalam sebuah meterai rohani yang tak terhapuskan, sebagai bagian dari Kristus.

 

Macam-Macam Baptisan:

  1. Baptisan bayi : baptisan yang diterima saat masih bayi
  2. Baptisan dewasa : baptisan yang diterima saat sudah dewasa
  3. Baptisan rindu : saat seseorang ingin dibaptis dan ingin menjadi anggota Gereja Katolik, menjalani masa katekumenat namun sebelum dibaptis, ia sudah meninggal. Maka ia sudah menerima baptisan rindu.
  4. Baptisan darah : saat seseorang ingin dibaptis dan ingin menjadi anggota Gereja Katolik, menjalani masa katekumenat namun sebelum dibaptis, ia sudah meninggal karena membela imannya.

 

 
Penerimaan Sakramen Inisiasi Print
Pelayanan - Penerimaan Sakramen Inisiasi
Sunday, 30 September 2012 11:15

Penerimaan Sakramen Inisiasi

 

Sakramen Inisiasi dalam Gereja Katolik terdiri dari 3 Sakramen yaitu :

( penjelasan masing2 sakramen , silakan di klik pada gambar )

 

Baptis Logo

Sakramen Baptis

 

Ekaristi

 

Sakramen Ekaristi

 

 

Sakramen Krisma

 

 

Last Updated on Tuesday, 12 February 2013 15:46
 




Powered by Joomla!. Designed by: top joomla themes  Valid XHTML and CSS.